Category Uncategorized

Ingin Berkarir Sebagai Sosial Media Marketer? Ini Dia Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Sosial media marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan suatu produk, layanan maupun merek. Tujuannya, untuk membangun kesadaran merek, membangun interaksi dengan audiens, dan meningkatkan jumlah kunjungan di situs web atau online shop yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan. 

Desain tanpa judul 14

Mengapa Sosial Media Marketing Penting Dalam Bisnis Modern?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosial media marketing sangat penting dalam bisnis saat ini:

1. Jangkauan Luas

    Sosial media dapat menjangkau siapa saja secara global. Jutaan pengguna yang aktif dapat menjadi peluang untuk memperkenalan bisnis.

    2. Interaksi dengan Pelanggan

      Dengan menggunakan sosial media, interaksi dengan pelanggan menjadi mudah dan pelaku usaha bisa berkomunikasi dengan beberapa pelanggan sekaligus dalam satu waktu tanpa harus bertemu secara langsung.

      3. Membangung Kesadaran Merek

        Sosial media bisa menjadi tempat untuk melakukan campaign pemasaran. Campaign yang menarik dan kreatif akan menimbulkan keingintahuan audiens untuk mengetahui merek kita lebih dalam.

        4.Efektivitas Biaya

          Pemasaran yang dilakukan secara digital seringkali lebih hemat biaya dibandingkan pemasaran tradisional. Bisnis dapat menggunakan metode konten organik (konten gratis) atau metode berbayar tergantung kebutuhan.

          Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Social Media Marketer 

          Seorang social media marketer memiliki peran penting dalam mengelola kehadiran merek atau bisnis di berbagai platform sosial media. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama jika ingin menjadi social media marketer:

          1. Mengembangkan Strategi Sosial Media

            Sosial media marketer harus membuat rencana strategis yang mencakup target audiens, tujuan, dan platform yang akan digunakan.

            2. Menciptakan dan Mengelola Konten

              Mulai dari membuat content plan, mengeksekusi konten dan copywriting hingga menjadwalkan terbitnya konten menjadi tugas sekaligus tanggung jawab seorang social media marketer. Selain itu konten yang dibuat juga harus dipastikan konsisten dan dapat menyampaikan pesan utama.

              3. Mengelola Iklan

                Mengelola iklan meliputi perancangan dan penerbitan kampanye iklan berbayar di sosial media. Iklan harus dioptimalkan untuk mencapai target audiens dan mencapai tujuan bisnis.

                4. Mengikuti Tren dan Inovasi

                  Selalu mengikuti tren yang terjadi di media sosial bisa membantumu untuk mendapatkan ide-ide konten yang menarik.

                  Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Social Media Marketer

                  Adapun keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang social media marketer:

                  1. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

                    Kemampuan berkomunikasi yang baik secara langsung maupun tidak langsung (tertulis) menjadi hal yang sangat diperlukan untuk mendapatkan perhatian konsumen dan membuat konsumen merasa nyaman berkonsultasi tentang kebutuhannya.

                    2. Memahami Target Audiens

                      Agar tidak salah menyasar audiens, seorang social media marketer harus tahu produknya ditujukan untuk siapa. Audiens dibagi menjadi beberapa segmentasi yaitu segmentasi demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, pekerjaan, status pernikahan), segmentasi geografis (negara, kota) dan segmentasi psikografis (perilaku, hobi, kepribadian, sikap).

                      3. Menguasai Peralatan dan Teknologi yang Digunakan

                        Beberapa tools untuk merencanakan dan mengelola konten yaitu Buffer, Hootsuite, dan Trello. Sedangkan untuk mengukur kinerja konten ada Google Analytics dan Sprout Social. Sementara untuk aplikasi desain grafis dan video konten bisa menggunakan Adobe Creative Cloud dan Canva.

                        Penjelasan diatas merupakan hal yang harus diketahui jika ingin meniti karir sebagai sosial media marketer. Karena saat ini masyarakat sebagian besar sudah menggunakan sosial media maka peran sosial media marketer sangat dibutuhkan dalam pemasaran digital. DIVA by Vascomm bisa membantu peran sosial media marketer dalam hal kelola sosial media, memasarkan produk atau layanan lewat sosial media ads hingga produksi konten dan video.

                        Leave a Reply

                        Your email address will not be published. Required fields are marked *

                        top