Ingin Berkarir Sebagai Sosial Media Marketer? Ini Dia Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui
Sosial media marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan suatu produk, layanan maupun merek. Tujuannya, untuk membangun kesadaran merek, membangun interaksi dengan audiens, dan meningkatkan jumlah kunjungan di situs web atau online shop yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan.Â
![Desaintanpajudul14 DIVA Creative](https://divacreative.id/wp-content/uploads/2024/06/Desain-tanpa-judul-14-1024x576.png)
Mengapa Sosial Media Marketing Penting Dalam Bisnis Modern?
Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosial media marketing sangat penting dalam bisnis saat ini:
1. Jangkauan Luas
Sosial media dapat menjangkau siapa saja secara global. Jutaan pengguna yang aktif dapat menjadi peluang untuk memperkenalan bisnis.
2. Interaksi dengan Pelanggan
Dengan menggunakan sosial media, interaksi dengan pelanggan menjadi mudah dan pelaku usaha bisa berkomunikasi dengan beberapa pelanggan sekaligus dalam satu waktu tanpa harus bertemu secara langsung.
3. Membangung Kesadaran Merek
Sosial media bisa menjadi tempat untuk melakukan campaign pemasaran. Campaign yang menarik dan kreatif akan menimbulkan keingintahuan audiens untuk mengetahui merek kita lebih dalam.
4.Efektivitas Biaya
Pemasaran yang dilakukan secara digital seringkali lebih hemat biaya dibandingkan pemasaran tradisional. Bisnis dapat menggunakan metode konten organik (konten gratis) atau metode berbayar tergantung kebutuhan.
Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Social Media Marketer
Seorang social media marketer memiliki peran penting dalam mengelola kehadiran merek atau bisnis di berbagai platform sosial media. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama jika ingin menjadi social media marketer:
1. Mengembangkan Strategi Sosial Media
Sosial media marketer harus membuat rencana strategis yang mencakup target audiens, tujuan, dan platform yang akan digunakan.
2. Menciptakan dan Mengelola Konten
Mulai dari membuat content plan, mengeksekusi konten dan copywriting hingga menjadwalkan terbitnya konten menjadi tugas sekaligus tanggung jawab seorang social media marketer. Selain itu konten yang dibuat juga harus dipastikan konsisten dan dapat menyampaikan pesan utama.
3. Mengelola Iklan
Mengelola iklan meliputi perancangan dan penerbitan kampanye iklan berbayar di sosial media. Iklan harus dioptimalkan untuk mencapai target audiens dan mencapai tujuan bisnis.
4. Mengikuti Tren dan Inovasi
Selalu mengikuti tren yang terjadi di media sosial bisa membantumu untuk mendapatkan ide-ide konten yang menarik.
Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Social Media Marketer
Adapun keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang social media marketer:
1. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik
Kemampuan berkomunikasi yang baik secara langsung maupun tidak langsung (tertulis) menjadi hal yang sangat diperlukan untuk mendapatkan perhatian konsumen dan membuat konsumen merasa nyaman berkonsultasi tentang kebutuhannya.
2. Memahami Target Audiens
Agar tidak salah menyasar audiens, seorang social media marketer harus tahu produknya ditujukan untuk siapa. Audiens dibagi menjadi beberapa segmentasi yaitu segmentasi demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, pekerjaan, status pernikahan), segmentasi geografis (negara, kota) dan segmentasi psikografis (perilaku, hobi, kepribadian, sikap).
3. Menguasai Peralatan dan Teknologi yang Digunakan
Beberapa tools untuk merencanakan dan mengelola konten yaitu Buffer, Hootsuite, dan Trello. Sedangkan untuk mengukur kinerja konten ada Google Analytics dan Sprout Social. Sementara untuk aplikasi desain grafis dan video konten bisa menggunakan Adobe Creative Cloud dan Canva.
Penjelasan diatas merupakan hal yang harus diketahui jika ingin meniti karir sebagai sosial media marketer. Karena saat ini masyarakat sebagian besar sudah menggunakan sosial media maka peran sosial media marketer sangat dibutuhkan dalam pemasaran digital. DIVA by Vascomm bisa membantu peran sosial media marketer dalam hal kelola sosial media, memasarkan produk atau layanan lewat sosial media ads hingga produksi konten dan video.