Category Uncategorized

Brand Awareness

Brand Awareness

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan tingkat kesadaran atau pengetahuan konsumen terhadap sebuah merek yang dimiliki suatu perusahaan. Hal ini mencakup sejauh mana konsumen mengetahui tentang produk yang dipasarkan dan bagaimana pandangan mereka terhadap merek atau produk tersebut. Brand awareness merupakan fondasi paling penting dalam membangun kesuksesan penjualan, dan meningkatkannya seringkali menjadi fokus utama dalam pemasaran.

Semakin tinggi brand awareness pada suatu merek, maka semakin besar kemungkinan konsumen untuk memilih layanan atau produk dari merek tersebut dibanding pesaing yang kurang dikenal. Konsumen pasti lebih cenderung memilih produk yang mereka ketahui nama, logo, jenis dan kegunaan produk. Brand awareness bisa ditingkatkan dengan cara membuat pemasaran yang menarik dan membuat kesan pertama yang baik bagi calon konsumen. Karena langkah awal dari pemasaran adalah membuat orang yang tidak tahu akan produk kita menjadi tahu, kemudian tertarik membeli dan langkah terakhir adalah membuat konsumen loyal terhadap produk kita.

Mengapa Brand Awareness Penting?

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Brand awareness memainkan peran penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Karena ketika konsumen mengetahui merek tersebut, seperti apa logonya, apa kegunaan dan manfaatnya, serta apa saja kelebihan produk tersebut dibanding produk lain, mereka akan cenderung lebih percaya terhadap produk dari merek tersebut.

  1. Memenangkan Persaingan Pasar

Di persaingan pasar yang semakin ramai, brand awareness memungkinkan merek untuk membedakan dirinya dari pesaingnya. Kemungkinan besar konsumen akan memilih produk yang pertama kali terlintas di pikiran mereka ketika akan melakukan pembelian, selain itu konsumen akan tertarik untuk mencoba produk atau layanan dengan marketing campaign yang eye catching baik itu dari segi kemasan maupun cara pemasarannya yang menarik.

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Brand awareness mampu menarik konsumen baru dan memperluas jangkauan pasar. Karena semakin dikenal suatu merek, maka semakin besar peluangnya untuk menjangkau pasar lebih luas.

Strategi untuk Meningkatkan Brand Awareness

  1. Sponsorship Acara atau Kolaborasi dengan Influencer

Menjadi sponsorship ketika suatu organisasi atau instansi mengadakan acara bisa meningkatkan brand awareness terutama untuk orang-orang yang menghadiri acara tersebut. Dan berkolaborasi dengan influencer juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek dan produk kita, para influencer bisa berinteraksi dengan audiens secara langsung, berbagi konten dan tren terkini.

  1. Aktif di Sosial Media

We Are Social mencatat ada sekitar 139 juta pengguna sosial media di Indonesia pada Januari 2024, jumlahnya setara dengan 49,9% populasi nasional. Hal ini bisa menjadikan sosial media sebagai platform yang efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Tidak hanya sekedar aktif di sosial media, pelaku usaha juga harus menata sosial medianya dengan baik, mulai dari isi konten, postingan hingga caption harus menarik dan relevan dengan target konsumen. Postingan dengan isi konten yang unik juga bisa menjadi daya tarik pembeli.

  1. Kampanye Iklan

Iklan tidak hanya di sosial media saja, namun media cetak seperti banner, poster atau brosur yang dibagikan ke khalayak umum bisa meningkatkan kesadaran akan suatu merek. Apalagi jika desain yang dicetak eye catching dan unik atau berbeda dengan yang lain, hal ini membuat orang selalu ingat akan merek yang dipromosikan.

  1. Konten Edukatif dan Konten Hiburan

Tidak melulu konten promosi, postingan pada sosial media bisa diselingi dengan konten  edukatif dan konten hiburan agar audiens tidak bosan. Setidaknya dalam satu minggu ada satu atau dua konten edukatif dan konten hiburan.

Brand awareness merupakan kunci utama dalam membangun keberhasilan merek di pasar. Strategi yang tepat dan pemantauan yang teratur. Beberapa strategi diatas dapat diterapkan untuk meningkatkan brand awareness. Untuk mengunggah konten dan melakukan pemantauan secara teratur tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, DIVA bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu Anda mengelola sosial media mulai dari mendesain postingan yang menarik, fotografi dan videografi produk, pembuatan konten video hingga pembuatan artikel dengan harga terjangkau. Sehingga Anda hanya perlu fokus dengan keberlangsungan bisnis tanpa harus memikirkan konten yang cocok untuk promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top