Category Uncategorized

Kenali Artificial Intelligence dan Otomasi

AI (Artificial Intelligence) adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem serta algoritma yang dapat menyelesaikan tugas-tugas yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Tugas-tugas tersebut meliputi pengenalan gambar, pemahaman bahasa, hingga pengenalan masalah.

Berbeda dengan AI, otomasi merupakan penggunaan teknologi yang melakukan tugas dengan sedikit atau tanpa intervensi manusia. Otomasi dapat diterapkan di berbagai bidang, mulai dari manufaktur hingga layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, konsistensi dan efisiensi pekerjaan. Contoh otomasi yang sering ditemui adalah mesin produksi pada pabrik yang melakukan pekerjaan berulang ataupun chatbot yang berinteraksi dengan pelanggan.

AI Otomasi

Perubahan dalam Pasar Kerja

Adapun industri pekerjaan yang terpengaruh oleh AI dan otomasi, antara lain:

  • Manufaktur: Penggunaan robot industri untuk tugas berulang seperti produksi dan pengemasan. Contohnya seperti pabrik mobil yang mengadpsi robot untuk proses produksi.
  • Layanan Pelanggan: Contoh otomasi untuk layanan pelanggan adalah chatbot dan asisten virtual yang dapat menyelesaikan masalah dasar dan menjawab pertanyaan peanggan.
  • Layanan Keuangan: Banyak bank yang menggunakan algoritma AI untuk analisis risiko, deteksi penipuan dan perdagangan otomatis.
  • Transportasi: Sistem navigasi cerdas pada pengembangan kendaraan otonom yang dapat mengurangi kebutuhan pengemudi manusia. Contohnya adalah truk otonom untuk pengiriman barang.

Banyak industri yang terpengaruh dengan kehadiran AI dan otomasi, tentu saja hal ini mengakibatkan banyak pekerjaan yang berisiko tergantikan oleh mesin dan algoritma seperti:

  • Pekerjaan rutin dan berulang: Operator mesin, kasir dan operator produksi yang melakukan tugas yang dapat di otomasi.
  • Pekerjaan administratif: Entitas yang berurusan dengan pemrosesan data dan pengelolaan informasi seperti sekretaris.
  • Analisis dasar: Pekerjaan yang berurusan dengan analisis dasar dapat diotomisasi dengan AI.

Jika AI dan otomasi menggantikan beberapa pekerjaan diatas, namun kedua teknologi tersebut juga menghadirkan pekerjaan-pekerjaan baru, antara lain:

  • Pengembangan AI dan Data Scientist: Profesional yang menciptakan dan mengelola sistem AI.
  • Perawatan dan Pemeliharaan Robot: Teknisi yang bekerja merawat dan memperbaiki robot atau mesin otomatis.
  • Spesialis Keamanan Siber: Ahli yang memastikan bahwa sistem AI dan otomasi aman dari serangan siber.
  • Pelatih AI dan Machine Learning: Ahli yang melatih sistem AI untuk memastikannya berfungsi dengan baik dan sesuai dengan perintah pengguna.

Manfaat AI dan Otomasi dalam Pekerjaan

AI dan otomasi memberikan beberapa manfaat untuk manusia dalam menjalankan pekerjaan, seperti:

  • Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi: AI dapat memproses data lebih cepat daripada manusia sehingga dapat meningkatkan efektifitas pekerjaan.
  • Mengurangi Kesalahan Manusia: Otomasi mengurangi kesalahan yang mungkin dilakukan manusia akibat kelelahan atau kelalaian.
  • Pekerjaan Menjadi Lebih Aman: Mesin otomasi menggantikan pekerjaan manusia yang berisiko.

Selain memiliki berbagai manfaat dalam dunia kerja, AI dan otomasi juga memiliki dampak negatif pada pasar kerja. Berikut adalah beberapa dampak negatifnya dalam dunia kerja:

  • Potensi Kehilangan Pekerjaan: Banyak pekerjaan yang dapat diotomatisasi, mengakibatkan pengurangan tenaga kerja manusia.
  • Ketidaksetaraan Upah dan Pekerjaan yang Mungkin Meningkat: Pergeseran pekerjaan ke bidang teknologi tinggi dapat menciptakan kesenjangan antara pekerja yang memiliki keterampilan teknologi dan yang tidak.
  • Tantangan dalam Retraining dan Upskilling Tenaga Kerja yang Terdampak: Banyak pekerja perlu dilatih ulang untuk mengisi peran baru yang diciptakan oleh teknologi AI dan otomasi.

Di era digital yang berkembang pesat ini banyak pekerjaan yang tergantikan dengan AI dan otomasi. Salah satu cara agar terhindar dari risiko kehilangan pekerjaan adalah dengan membangun usaha sendiri hingga pelaku usaha dapat membuka lapangan pekerjaan. Namun pelaku usaha yang baru menjalankan usahanya butuh waktu ekstra untuk mengembangkan usaha tersebut, hal ini akan berdampak pada kurangnya waktu untuk melakukan pemasaran.

DIVA by Vascomm hadir memberikan solusi bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan omset penjualannya tanpa meluangkan banyak waktu. DIVA bisa membantu memasarkan produk mulai dari membuat konten sosial media seperti desain feed, video reels hingga meningkatkan engagement pada sosial media bisnis.Hubungi sekarang untuk konsultasi GRATIS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top