Rentang ukuran kesuksesan dalam berbisnis sering terjadi pasang surut yang tidak bisa diprediksi. Tim strategi marketing pastinya telah menyusun langkah – langkah matang dalam mempertahankan insight konsumen agar tetap stabil dari bulan – bulan sebelumnya hingga jangka panjang nantinya. Namun, terdapat salah satu aspek dalam strategi marketing jika tidak dikelola dengan baik, akan berdampak buruk. Ya, aspek dalam mempertahankan klien. Dalam dunia bisnis dari bidang apapun, mempertahankan seorang klien merupakan kunci dasar kesuksesan dalam jangka panjang. Namun nyatanya, tidak jarang klien menjadi tidak puas dan memutuskan untuk mencari pilihan lain dikarenakan pelayanan hingga kualitas yang diberikan telah berubah setelah mengalami perombakan secara manajemen menyeluruh salah satunya. Tidak ada yang bersifat salah jika pembaruan bisnis mengalami perombakan guna mewujudkan visi misi agar lebih sejalur kembali yang terbarukan. Tetapi, bagaimana mempertahankan keberadaan klien agar tidak berpaling ke lain hati? Seiring dengan persaingan yang makin kompetitif pula. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas strategi-strategi ampuh untuk menjaga klien Anda tetap bahagia dan terikat dengan Anda. Yuk, kita kepoin bersama!
- Dengarkan dan pahami dengan betul terhadap kebutuhannya. Menjalin komunikasi yang baik dan berempati pada masalah hingga ekspektasi dari klien itu sendiri. Dengan memahami kebutuhannya secara mendalam, Anda dapat memberikan solusi yang tepat dan ekspektasi yang diharap terpenuhi.
- Sediakan Layanan yang sangat berkualitas dari segala aspek. Pastikan Anda juga memberikan hasil yang melebihi ekspektasi klien dan memberikan feedback yang positif dalam setiap interaksi komunikasi. Keahlian, sikap cepat tanggan, serta profesionalitas adalah faktor penting untuk menciptakan kepuasan klien seutuhnya.
- Tidak hanya melihat mereka (klien) sebagai pelanggan saja, tetapi coba untuk menjalin sebuah ikatan dan koneksi yang lebih dalam. Kenali mereka secara pribadi, beri feedback atau empati pada kehidupan dan kegiatan mereka di luar pekerjaan. Hal Ini justru akan membantu terciptanya sebuah ikatan emosional yang kuat dan tumbuhnya rasa kesadaran pada klien bahwa mereka juga dihargai.
- Komunikasi yang Terbuka juga termasuk dalam landasan yang penting dalam menjaga hubungan dengan klien tetap loyal. Sampaikan informasi yang jelas dan jujur tentang proyek atau layanan yang sedang Anda berikan kepada klien nantinya. Beri tahu klien secara jelas dan detail mengenai perkembangan, tantangan, hingga perubahan – perubahan yang terjadi secara tanggap dan proaktif. Dengan demikian, klien akan merasa terlibat dan percaya pada Anda sebagai mitra mereka.
- Guna menjalin hubungan dengan klien semakin harmonis yang utuh, tak lupa untuk memberikan mereka sebuah nilai tambah atau bisa dengan sistem reward yang tidak mereka harapkan atau diluar dugaan klien. Misal, tawarkan berupa bonus atau upgrade, menyertakan saran dan ide kreatif tambahan, bisa jadi dengan menyertakan sebuah pelayanan yang tanpa batas kepada pelanggan. Dengan memberikan lebih dari yang dijanjikan secara tertulis, dengan ini dapat memperkuat sebuah hubungan yang erat dengan klien sehingga sulit untuk pindah ke yang lain.
Dalam menjaga hubungan yang utuh dengan klien, strategi dan upaya yang konsisten sangatlah tidak bisa dianggap sepele. Ingat! bahwa setiap klien adalah aset berharga yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Jaga hubungan tersebut dan buktikan bahwa Anda adalah mitra usaha atau jasa yang dapat diandalkan dan tak tergantikan. Konsultasikan permasalah bisnis Anda dengan DIVA creatives, berbagai paket yang ditawarkan serta gratis konsultasi dan revisi sampai puas! DIVA, Branding It Better!