Manusia sebagai makhluk sosial dalam melakukan segala hal aktivitas seperti berbicara, berkomunikasi, bertindak, hingga mengambil keputusan telah mengalami banyak perubahan seiring dengan kehadiran teknologi digital. Demikian juga halnya dengan bidang pemasaran, tren di dunia bisnis juga makin bervariasi dan berkembang. Salah satu tren tersebut berupa pemasaran digital atau desbut dengan digital marketing.
Peran pemasaran bisnis digital / digital marketing ini memegang nilai fungsi yang sangat penting. Alasan utamanya adalah memudahkan komunikasi serta melacak perilaku konsumen, memperluas target pangsa pasar, menekan biaya marketing secara offline / konvensional, hingga semakin kompetitif di era digital.
Tentunya masing-masing perusahaan hingga masing-masing dari pegiat bisnis itu sendiri pasti mempunyai strategi ampuh atau senjata rahasia guna bersaing secara sehat dalam mempromosikan sebuah produk bahkan jasa di era digital yang begitu kompetitif ini. Berikut merupakan 4 alat yang sering digunakan dalam peningkatan strategi pemasaran bisnis digital klien, meliputi :
- Google Trends
Dilansir dari artikel jurnal Riyanto, A. D. (2015) Google Trends adalah situs web yang dimiliki Google.Inc guna mencari dan menganalisis topik yang sedang ramai dicari lewat mesin pencari Google secara gratis. Tak hanya itu saja, Google Trends menyediakan data beserta grafik dari tiap penelusuran populer baik dari Google maupun YouTube, sekaligus fitur berupa tren musiman, wilayah regional, hingga perbandingan dengan keyword terkait.
2. Trello
Menurut artikel online drift.com, Trello merupakan aplikasi manajemen tugas secara kolaboratif guna mengatur berbagai macam pekerjaan dalam satu tempat. Hingga saat ini, aplikasi Trello besutan Joel Spolsky dan Michael Pryo masih banyak dicari sebab keunggulan fiturnya yakni dapat membuat progres hingga memantau pengerjaan tugas seorang user dengan terlibatnya 2 orang sekaligus bahkan lebih. Aplikasi ini gratis dan bisa didownload melalui smartphone berbasis IOS Android, hingga PC.
3. Canva
Dilansir dari artikel jurnal Pelangi, G. (2020) Canva adalah program desain online diluncurkan tahun 2013 yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Beberapa keunggulan yang sangat berguna bagi para pelaku bisnis kecil hingga besar pada aplikasi ini adalah akses media yang mudah, variasi macam pada filter foto dan desain template, tak lupa dengan tampilan antarmuka (User Interface) User Interface) yang sangat user-friendly pula.
4. Capcut
Menurut artikel jurnal Insania, S., (2021) bahwa Aplikasi Capcut merupakan aplikasi editing video dalam smartphone hingga saat ini telah merambah ke ranah Laptop/PC yang saat ini populer di kalangan editor pemula. Aplikasi ini mampu memungkinkan pada penggunanya untuk melakukan editting video yang menarik dengan berbagai macam fitur dan juga effect bahkan transisi. Dengan aplikasi ini, sudah bisa melakukan editting video simple namun dapat mengasah kreatif dan inovatif user terutama bagi para pegiat bisnis hingga kalangan perusahaan.
Dengan sedikit penjelasan diatas mengenai tools / alat yang sering digunakan oleh para pegiat usaha dalam peningkatan strategi digital marketing secara gratis dan efisien. Jangan lupa untuk tetap belajar, eksplor, dan konsisten yah!